Arus Balik Pasca-Lebaran ke Bali Meningkat Tajam

liputan6 Tiga hari setelah Lebaran, sejumlah pemudik dari Jawa mulai kembali ke Bali melalui penyeberangan Ketapang (Banyuwangi)-Gilimanuk (Bali) mulai meningkat pada Kamis (29/6). Diperkirakan, puncak arus balik terjadi pada Minggu (2/7) Sebelumnya, sejak H-10 hingga hari H Lebaran, ribuan warga meninggalkan Bali ke sejumlah kota di pulau Jawa dengan menggunakan sepeda motor, mobil, travel dan bus.

Sejumlah petugas di Gilimanuk mengatakan, arus balik ke Bali masih didominasi pemudik sepeda motor dan mobil pribadi. Sedangkan pemudik dengan travel, bus AKAP dan bus pariwisata belum meningkat tajam. “Setiap kapal yang bersandar di dermaga Gilimanuk, dipenuhi sepeda motor, dan mobil pribadi,” kata petugas.

liputan6 Demikian juga, wisatawan domestik yang menikmati liburan di Bali mulai meninggalkan Pulau Dewata melalui penyeberangan Gilimanuk-Ketapang dengan mobil pribadi, travel dan bus pariwisata.

Manajer Operasional ASDP Gilimanuk Heru Purwono, Kamis (29/6) mengatakan hingga H+2 Lebaran, jumlah penumpang dan kendaraan arus balik yang sudah menyeberang ke Bali tercatat 22.239 penumpang. Sepeda motor sebanyak 2.267 unit dan roda empat sebanyak 3.087 unit.

“Hingga tiga hari setelah Lebaran, ASDP mengoperasikan 30 armada kapal untuk melayani penyebrangan Ketapang-Gilimanuk,” kata dia. liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *